AAA-ASSET

FAQ

Apa itu Reksa Dana?
Wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam Portfolio Efek oleh Manajer Investasi. Sesuai Undang-undang Pasar Modal, Reksa Dana dapat berbentuk Perseroan Tertutup atau Terbuka dan Kontrak Investasi Kolektif.Bentuk hukum Reksa Dana yang ditawarkan dalam Prospektus ini adalah Kontrak Investasi Kolektif.

Siapa saja yang bisa berinvestasi di Reksa Dana?
Setiap individu perorangan dani nstitusi dapat berinvestasi di Reksa Dana.

Bagaimana pengelolaan investasi pada Reksa Dana?
Terdapat manajer investasi dalam hal ini PT. Asanusa Asset Management yang merupakan pihak yang kegiatan usahanya mengelola Portfolio Efekuntuk para nasabahnya.

Manfaat apa saja yang bisa didapatkan jika berinvestasi di Reksa Dana?
  1. Ketersediaan pengelolaan secara professional oleh Manajer Investasi yang berpengalaman dan memiliki keahlian di bidang pengelolaan dana dengan dukungan akses informasi pasar modal yang lengkap.
  2. Portofolio efek Reksa Dana yang didiversifikasi sehingga memungkinkan risiko investasi yang lebih tersebar.
  3. Adanya potensi pertumbuhan nilai investasi.
  4. Adanya transparansi informasi oleh Manajer Investasi untuk mengumumkan NAB (Nilai Aktiva Bersih) setiap hari Bursa serta menerbitkan laporan keuangan tahunan melalui pembaharuan prospektus.
  5. Kemudahan investasi tanpa harus melalui prosedur dan persyaratan yang rumit.

Risiko apa saja jika berinvestasi di Reksa Dana?
Adanya kemungkinan risiko wanprestasi (default) yang timbul oleh efek utang dan instrument pasar uang karena penerbit surat berharga tersebut tidak mampu memenuhi kewajibannya Risiko adanya fluktuasi harga asset-asset pada reksa dana tersebut yang dapat menyebabkan berkurangnya nilai investasi nasabah Terdapat kemungkinan terjadinya risikoli kuiditas dimana Manajer Investasi mengalami kesulitan dalam melakukan pembelian kembali sesuai dengan waktu yang telah
ditentukan Jika Nilai Aktiva Bersih menjadi kurang dari nilai yang setara dengan Rp.25,000,000,000 selama 90 Hari Bursa berturut-turut, maka berdasarkan ketentuan BAPEPAM dan LK No. IV.B. 1 angka 37, Manajer Investasi akan melakukan pembubaran dan likuidasi yang akan mempengaruhi hasil investasi Adanya risiko perubahan politik, ekonomi, dan peraturan perpajakan yang dapat berdampak langsung maupun tidak langsung

Apa saja jenis-jenis Reksa Dana?
Reksa Dana Konvensional
Reksa Dana PendapatanTetap
Reksa Dana yang melakukan investasi sekurang-kurangnya 80% dari aktivanya dalam bentuk Efek bersifat utang. Mengkhususkan pada Efek yang memberikan pendapatan secara tetap.

Reksa Dana Saham
Reksa Dana yang melakukan investasi sekurang-kurangnya 80% dari aktivanya dalam Efek bersifat Ekuitas. Mengupayakan untuk memperoleh capital gain dalam jangka panjang.

Reksa Dana PasarUang
Reksa Dana yang hanya melakukan investasi pada Efek bersifat utang dengan jatuh tempo kurang dari 1 (satu) tahun. Mengutamakan investasi pada jenis-jenis efek di Pasar uang dengan orientasi pendapatan jangka pendek.

Reksa Dana Campuran
Reksa Dana yang melakukan investasi dalam Efek bersifat Ekuitas dan efek bersifat utang yang perbandingan tidak termasuk huruf b dan c diatas. Mengutamakan penganekaragaman jenis efek dengan proporsi yang seimbang antara efek ekuitas dan efek utang.

Reksa Dana Terstruktur (Reksa Dana Terproteksi, Reksa Dana Penjaminan, Reksa Dana Indeks
Reksa Dana KIK Yang Diperdagangkan di Bursa (ETF)
Reksa Dana Syariah

Apa saja jenis-jenis Reksa Dana yang ditawarkan oleh PT. Asanusa Asset Management?
Reksa Dana Asanusa Balanced Fund
Merupakan Reksa Dana jeniscampurandengan tujuan memperoleh hasil investasi yang menarik dan optimal untuk jangka menengah dan panjang namun tetap memberikan pendapatan yang memadai melalui investasi pada Efek Ekuitas, Efek bersifat Utang, dan Instrumen Pasar Uang.

Reksa Dana Asanusa Amanah Syariah Fund
Reksa Dana Asanusa Amanah Syariah Fund ini merupakan jenis Reksa Dana campuran berbasis syariah dengan tujuan memperoleh hasil investasi yang menarikdan optimal untuk jangka menengah dan panjang namun tetap memberikan pendapatan yang memadai melalui investasi pada Efek bersifat ekuitas, obligasi, dan Efek bersifat utang lainnya serta instrument pasar uang yang sesuai dengan Syariah Islam.

Reksa Dana Asanusa Enhanced Strategy Fund
Reksa Dana Asanusa Enhanced Strategy Fund merupakanjenisReksa Dana Saham, dengan tujuan memperoleh hasil investasi yang maksimal dalam jangka panjang melalui investasi pada efek bersif atekuitas yang secara historis memberikan imbal hasil tertinggi di masing-masing sektor.

Apa yang dimaksud dengan Bank Kustodian, Prospektus, dan NAB (Nilai Aktiva Bersih)?
Bank Kustodian adalah Bank Umum yang telah mendapatkan persetujuan dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan) yang menyelenggarakan kegiatan usaha sebagai Kustodian, yaitu memberikan jasa penitipan efek (termasuk Penitipan Kolektifatas Efek yang dimiliki bersama oleh lebih dari satu Pihak yang kepentingan diwakili bersama oleh lebih dari suatu Pihak yang kepentingannnya dimiliki oleh Kustodian) dan harta lain yang berkaitan dengan Efek serta jasalain, termasuk menerima dividen, bunga, dan hak-hak lain, menyelesaikan transaksi Efek, dan mewakili pemegang rekening yang menjadi nasabahnya.

Prospektus: setiap pernyataan yang dicetak atau informasi tertulis yang digunakan untuk Penawaran Umum Reksa Dana dengan tujuan calon Pemegang Unit Penyertaan membeli Unit Penyertaan Reksa Dana, kecuali pernyataan atau informasi yang berdasarkan peraturan OJK (Otoritas Jasa Keuangan) yang dinyatakan bukan sebagai Prospektus.

NAB (Nilai Aktiva Bersih): Nilai pasar yang wajar dari suatu Efek dan kekayaan lain dari Reksa Dana dikurangi seluruh kewajibannya.

Apa yang dimaksud dengan Unit Penyertaan dan Agen Penjual Reksa Dana?
Agen Penjual Efek Reksa Dana adalah Pihak yang melakukan penjualan Efek Reksa Dana berdasarkan kontrak kerjasama dengan Manajer Investasi pengelola Reksa Dana.

Unit Penyertaan adalah satuan ukuran yang menunjukkan proporsi penyertaan atau kepemilikan dari setiap pihak di dalam reksa dana tersebut.

Biaya-biaya apa saja yang akan dikenakan oleh Nasabah jika membeli Reksa Dana?
Biaya pembelian Unit Penyertaan lihat prospektus di masing-masing produk
Biaya Penjualan kembali Unit Penyertaan lihat prospektus di masing-masing produk Biaya Pengalihan (Switching Fee) tidak dikenakan biaya untuk pengalihan antara Reksa Dana-Reksa Dana yang dikelola oleh Manager Investasi pada Bank Kustodian yang sama. Biaya Bank atas Pemindahbukuan atau transfer sebesar biaya bank atas pemindah buku atau transfer sehubungan dengan Pembelian Unit Penyertaan (bila ada) Biaya Pajak terkait dengan pengeluaran pajak yang berkenaan dengan pemegang Unit Penyertaan sesuai dengan peraturan perpajakan yang berlaku (bila ada)


Mengapa memilih PT Asanusa Asset Management?
  1. Pengalaman sejak tahun 1999 di bidang Manajemen Investasi
  2. Didukung Group yang berpengalaman luas di bidang keuangan
  3. Memiliki karyawan profesional yang bersertifikasi wakil manajer investasi
  4. Investasi dengan pendekatan fundamental untuk mencapai risiko fundamental yang lebih rendah dengan return portfolio yang kompetitif
  5. Memiliki track record baik dalam mengelola dana milik investor institutional besar di Indonesia
  6. Memiliki cakupan jasa/produk investasi yang bervariatif disesuaikan dengan kebutuhan investasi investor

Siapakah yang dapat dihubungi untuk informasi lebih jauh mengenai Reksa Dana PT. Asanusa Asset Management?
Anda dapat menghubungi representative PT. Asanusa Asset Management.
Copyright © 2016 Asanusa Asset Management. All right reserved
Disclaimer